Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Pengalaman Berlangganan Gramedia Digital


Gue pertama kali berlangganan Gramedia Digital bulan November 2021 lalu. Pada awalnya, gue cukup anti untuk membaca ebook. Gue lebih suka membaca buku fisik. Selain lebih nyaman dan enak di mata, buku fisik tuh bisa dipajang dan dipamerin di lemari buku. 

Tapi lama kelamaan, gue juga penasaran pengin coba untuk baca buku elektronik gitu. Gue coba nyari, apa sih aplikasi yang bagus buat bisa baca buku secara digital. Sampai lah gue menemukan apliakasi namanya Gramedia Digital.

Apa Itu Gramedia Digital




Siapa sih yang nggak tahu gramedia? Toko buku terlengkap dan paling terkenal di Indonesia ini memang jadi pilihan para penikmat buku untuk berbelaja. Melihat perkembangan zaman yang menuju ke era digital, Gramedia tak mau tinggal diam. Mereka juga seolah ingin mengikuti selera pasar yang serba digital, termasuk kebiasaan dalam membaca buku yang beralih dari fisik jadi elektronik.

Mungkin atas dasar itu, muncul aplikasi Gramedia Digital, yaitu sebuah aplikasi khusus bagi kamu yang ingin membeli dan membaca buku-buku elektronik. 

Jika melihat informasi di Play Store, Gramedia Digital ini sudah dirilis sejak tahun 2012. Namun, mungkin makin populer dalam beberapa tahun terakhir ketika orang-orang yang tak bisa ke toko buku karena pandemi, terpaksa membeli dan membaca buku-buku digital. 

Gramedia Digital seolah menjadi solusi buat orang-orang yang pengin baca buku lewat smartphone. Apalagi terdapat lebih dari 10 ribu buku dan majalah yang bisa kamu baca lewat Gramedia Digital.

Cara Berlangganan Gramedia Digital



Buat kamu yang ingin berlangganan Gramedia Digital, caranya cukup mudah kok. Berikut ini langkah-langkanya:

1. Install Gramedia Digital

Pertama-tama, kamu perlu Intsall dulu aplikasi Gramedi Digital di Play Store maupun App Store. Ukurannya tidak terlalu besar, sekitar 50 MB. Ya, cocok diinstall di hp kentang pun.

2. Membuat Akun Gramedia Digital

Langkah selanjutnya adalah membuat akun Gramedia Digital. Kamu akan diminta mengisi data diri seperti nama lengkap, email, password, no hp, dan tanggal lahir.

3. Pilih Paket Berlangganan

Setelah memiliki akun, kamu baru bisa berlangganan Gramedia Digital. Terdapat 4 paket berlangganan Gramedia Digital sesuai dengan kebutuhan kamu:
  1. Full Premium (Berlangganan untuk baca ebook sepuasnya). Biaya langganan perbulannya 99 ribu atau 1,199,000 per tahun.
  2. Fiction Premium Package (Belangganan untuk baca ebook fiksi sepuasnya). Biaya langganan perbulannya 49 ribu.
  3. Non-Fiction Premium Package (Berlangganan untuk baca ebook non-fiksi sepuasnya). Biaya langganan perbulannya 49 ribu.
  4. Kids Premium Package (Berlangganan untuk baca ebook anak sepuasnya). Biaya langganan perbulannya 49 ribu.
Untuk paket Full Premium, selain bisa mendapatkan buku-buku keren, kamu juga bebas akses ke majalah atau koran yang tersedia di Gramedia Digital.

Keunggulan Gramedia Digital



Kurang lebih sudah dua bulan gue berlangganan Gramedia Digital. Paket yang gue pilih adalah Full Premium. Untungnya, pas gue beli paketnya, lagi ada promo 30%, yang tadi harganya 99 ribu jadi 69 ribu. Lumayan lah. 

Itu juga jadi salah satu keunggulan dari Gramedia Digital. Banyak banget promo-promo atau diskon harga untuk setiap paketnya. Kayaknya hampir tiap bulan, ada momen di mana paket berlangganannya diskon sampai 30%.

Jika dirasa biaya berlangganan Gramedia Digital cukup mahal, ada caranya supaya jadi murah. Yaitu patungan. Seperti halnya Netflix, akun Gramedia Digital itu bisa di-sharing. Nah, setau gue, sharingnya itu cuma untuk dua device aja. Jadi gue nggak menyarankan untuk sharing untuk terlalu banyak device. Bisa-bisa akunnya kena banned dari pihak Gramedia.

Keunggulan lainnya adalah terdapat ribuan buku yang bisa kamu baca setelah berlangganan. Kalau dihitung-hitung, kamu beli 1 buku fisik seharga sekitar 100 ribu, dengan uang segitu kamu bisa dapat lebih dari ribuan ebook jika langganan paket Full Premium selama sebulan. Murah dan ngirit banget kan!

Keunggulan terakhir ini yang baru gue rasakan setelah berlangganan Gramedia Digital. Jadi, untuk membaca ebook, kamu harus terlebih dahulu mengunduh bukunya. Nanti bukunya akan tersedia di tab yang namanya My Collection.

Nah, yang bikin gue kaget, buku-buku yang udah gue unduh waktu langganan, ternyata masih bisa kita baca meskipun periode berlangganan kita udah abis. Ini bener-bener bikin gue kaget dan senang sekaligus. Jadi gue hanya perlu download sebanyak-banyaknya buku ketika sedang berlangganan. Setelah itu, gue nggak perlu lagi langganan karena ebooknya sudah tersedia secara offline haha. Entah ini tuh emang bug dari Gramedia Digital atau sistemnya kayak gini.

Kekurangan Gramedia Digital



Ada keunggulan, ada juga kekurangan dong. Beberapa kekurangan yang gue rasakan pertama adalah, meskipun disebut memiliki lebih dari 10 ribu ebook, nyatanya nggak semua ebook itu bisa kita baca meskipun kita sudah berlangganan paket paling mahal yaitu Full Premium.

Ya, banyak ebook, majalah, dan koran yang masih harus kita beli untuk membacanya. Jeleknya lagi adalah, nggak ada fitur filter yang membedakan mana ebook yang bisa langsung kita baca dengan mana ebook yang harus dibeli meski udah langganan.

Kekurangan paling penting Gramedia Digital itu di sisi filternya. Kita harus manual kalau pengen nyari-nyari buku. Coba gitu dibikin fitur rekomendasi ebook, jadi kita bisa punya ide buat download buku yang mana. Jadi penyusunan ebook yang ditampilin yang masih jadi kekurangan besar. Istilahnya dari sisi UI/UX nya masih jelek banget kalau kata gue.

Oia ketika kamu baca ebook di sini, kamu nggak bisa screenshot ebooknya atau ngeblok kalimat yang ada di ebooknya. Ya mirip-mirip kalau lagi nonton Netflix. Hal ini baik untuk mengurangi pembajakan ebook.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berlangganan Gramedia Digital? 

2 comments for "Review Pengalaman Berlangganan Gramedia Digital"

  1. Soal masih bisa baca pas udah berhenti langganan memang bener adanya, saya lupa kapan terakhir langganan, dan ebooknya masih bisa dibaca sampai dengan hari ini. Beruntung sih kalau ternyata ini bukan bug. Kita bisa download banyak ebook, dibacanya nanti-nanti. Soalnya kemampuan baca orang itu beda-beda, walau digadang-gadang gratis baca ratusan ebook, tapi sebulan rata-rata bisa baca 8 - 15 ebook saja, itu untuk yang bacanya bisa cepat ya.

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau kalau downloaded books di GramDig masih bisa dibaca setelah masa berlangganan selesai. Aku sendiri pernah dikasih akses gratis karena menang giveaway. Belum pernah langganan sendiri setelah itu. xD Andalan baca ebook sejauh ini masih iPusnas. Itupun aku udah mulai nggak nyaman bacanya karena tulisannya kecil-kecil. :") Lagi balik ke buku fisik lagi untuk tahun ini.

    ReplyDelete