Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memaknai Lagu Evaluasi dari Hindia


Setiap lagu memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada pendengarnya. Lagu Evaluasi dari Hindia salah satunya. Dirilis tahun 2019 bersamaan dengan launching album Menari Dengan Bayangan, bagi gue lagu ini memiliki pesan yang powerfull untuk orang-orang yang sedang dilanda kecemasan.


Mental Health yang menjadi isu dalam beberapa tahun belakangan, mungkin menginspirasi Baskara Putra dalam membuat lirik-lirik yang “ngena” di setiap bait lagu Evaluasi. Makna yang disampaikan cukup lugas supaya orang-orang tetap bersemangat melewati ujian yang dihadapi.


Gue mencoba memaknai kira-kira pesan apa saja yang dibawa oleh lagu Evaluasi milik Hindia.


Berikut ini lirik lagu Evaluasi - Hinda

Yang tak bisa terobati

Biarlah

Mengering sendiri

Menghias tubuh dan

Yang mengevaluasi

Ragamu

Hanya kau sendiri

Mereka tak mampu


Bait pertama di lagu Evaluasi menyampaikan tentang bagaimana sikap kita dalam menghadapi masalah. “Yang tak bisa terobati, biarlah mengering sendiri”. Jadi, kalau memang punya masalah berat dan bingung harus bagaimana lagi, jalan kita hanya bisa pasrah. Toh kita sudah berusaha mengobati, tapi tetap tidak bisa. Biarlah mengering sendiri.


Melewati yang telah kau lewati

Tiap berganti hari

Rintangan yang kau hadapi

Kamu sudah melewati banyak cobaan hingga saat ini. Hari demi hari, kamu sudah bisa melelaui semua itu.

Masalah yang mengeruh

Oh, perasaan yang rapuh

Ini belum separuhnya

Biasa saja

Kamu tak apa

Masalah yang makin runyam. Konflik yang tidak ada habisnya. Hatimu yang sudah lelah. Namun, di bait ini, makna “Ini belum separuhnya, biasa saja, kamu tak apa” adalah kalimat motivasi paling powerfull di lagu Evaluasi. Semua masalah yang kamu hadapi sekarang, anggap saja itu baru separuhnya. Kelak masih ada masalah-masalah lain yang jauh lebih berat. Masalah kamu sekarang ini? Biasa saja, kamu tak apa.

Perjalanan yang jauh

Kau bangun untuk bertaruh

Hari belum selesai

Biasa saja

Kamu tak apa

Makna di bait ini, hampir sama dengan bait sebelumnya. Jangan menyerah dalam menghadapi masalah atau cobaan. Karena hari belum selesai untuk kamu. Masih banyak hal-hal indah yang kelak akan kamu dapatkan. So, biasa aja. Kamu nggak kenapa-kenapa.

Yang selalu ingin ambil peran

Hanya berlomba menjadi lebih

Sedih dari dirimu

Terkadang ada saja orang yang paling sok tau dengan hidup kita. Dengan masalah kita. Bahkan mereka malah berlomba-lomba adu nasib dengan kita.

Muak dikesampingkan

Disamakan

Hatimu terluka, sempurna

Masalah belum reda, tapi kita sudah muak dengan orang-orang yang terlalu ikut campur dengan masalah yang kita hadapi.

Bilas muka, gosok gigi, evaluasi

Tidur sejenak menemui esok pagi

Walau pedih ku bersamamu kali ini

Ku masih ingin melihatmu esok hari

Ini cara Hindia mengajak orang-orang yang memiliki masalah untuk jangan terlalu overthinking. Istirahat sejenak. Coba evaluasi masalah yang kita hadapi. Jangan pernah menyerah, karena masih banyak orang-orang yang menyayangi kita.


Enggak banyak lagu yang bisa bikin gue menitikan air mata. Lagu Evaluasi dari Hindia, berhasil membuat gue menangis. Cukup jadi motivasi ketika sedang ada masalah. Anggap semua masalah itu ringan. Jangan dibawa overthinking. 


Ini belum separuhnya. Biasa saja. Kamu tak apa.




Post a Comment for "Memaknai Lagu Evaluasi dari Hindia"