Ghibah Bareng Bloger: Haris Firmansyah Bahas Skenario Film dan Tulisan Parodi



Di episode sebelumnya, gue sudah berhasil ngulik kisah Gigip Andreas yang sempat menjadi perbincangan di belantika dunia perblogeran.

Pada ghibah kali ini, bintang tamunya enggak kalah tersohor. Dia adalah seorang bloger (tentu saja dong, kan namanya Ghibah Bareng Bloger), penulis di Mojok, dan juga ternyata orang yang menyusun skenario serial Tuyul & Mbak Yul Reborn.

Siap lagi kalau bukan Haris Firmansyah!!

Gak perlu basa-basi lagi, langsung aja yuk ikuti obrolan gue bareng Haris yang katanya hobi gosipin bloger-bloger lain ini.

Halo Haris, boleh kenalin diri dulu buat yang belum kenal, sampai-sampai bisa masuk rubrik ghibah?

Halo, saya Haris Firmansyah. Saya cuma penulis aja. Penulis untuk buku, televisi, dan website. Sebelumnya saya fokus ngeblog di blog sendiri. Eh, belakangan pindah ke blog ke Mojok.co.

Kenapa bisa masuk ke rubrik ghibah? Karena saya suka ngomongin orang.

Biasanya ngomongin siapa sih ris? Apakah ngomongin sesama bloger juga?

Kalau dengan sesama bloger, biasanya ngomongin bloger juga.

Di kalangan bloger, ada satu bloger yang layak untuk diperbincangkan. Sebab kiprahnya selalu membuat kami tercengang. Dia bisa dapat banyak dollar Google dari ngeblog. Cocoknya dipanggil Crazy Rich Blogger.

Kayaknya, saya sangat mengenal betul beliau. Apakah ia berasal dari sebuah kerajaan? *waduuh

Iya. Kerajaan yang membuat kelinci lapar. Yihaaaa. Nah, kerajaan tersebut baru banget melangsungkan Royale Wedding. Itulah alasan kenapa beliau jarang nongol menyapa rakyat. Ternyata beliau sibuk enak-enakan. Wuaduh.

Ya masih mending lah diem-diem nikah daripada diem-diem ngilang. Wah siapa tuh?

Wah siapa ya? siapa ya?? Btw tadi lu bilang, nulis buat televisi. Nulis kayak gimana?

Nulis buat sinetron. Waktu kecil kamu pernah nonton Tuyul & Mbak Yul nggak? Nah, tahun kemarin sempet ada Tuyul & Mbak Yul Reborn. Nah, itu saya yang nulis skenarionya bareng temen-temen.

Sekarang sih programnya udah bungkus. Mungkin udah nggak happening kali ya. Sekarang kan lagi musim sinetron tema karma dan azab. Saya udah angkat tangan dah kalau udah masuk ke horor religi begitu.

Kadang jadi penulis skenario itu aneh. Di hari yang sama kami bisa nulis tema berbeda dan berlawanan. Siang nulis sinetron religi yang Kun Anta. Malamnya bisa nulis sinetron semi syirik kayak Karma the Series. Dalam sehari aja bisa jadi dua pribadi berbeda: beragama dan berdosa.

Tapi bisa ambil sisi positifnya. Ambil yang baiknya (honornya). Buang yang nggak baik (ceritanya).

Berarti enggak suka sama cerita yang lu buat sendiri dong?

Suka. Tapi lebih suka nulis komedi fantasi kayak Tuyul & Mbak Yul Reborn aja. Maksudnya buang ceritanya itu jangan ditiru kelakuan tokoh antagonisnya. Gitu. Hahaha.

Passion nulis komedi juga, yang membawa lu jadi salah satu penulis di Mojok? Terus kenapa milih Mojok?

Yup. Bagi saya, "Mojok" itu saya banget. Saya itu "Mojok" banget. Setahu saya cuma Mojok aja media yang serius untuk tidak serius-serius amat.

Awal-awal tulisan saya terbit di Mojok, saya merasa tulisan saya bisa sampai ke lebih banyak pembaca yang satu frekuensi. Itu menguntungkan bagi saya. Apalagi sewaktu masih ada Arman Dhani. Doi ikut nge-share tulisan saya di akunnya. Arman Dhani gitu loh, selebtwit spesialis twitwar.

Lewat Mojok juga, nama Haris Firmansyah makin terkenal di jagat media sosial ya? haha

Emang seterkenal itu ya? Hahaha. Saya merasa belum ada apa-apanya kalau dibandingkan penulis Mojok lainnya, seperti Agus Mulyadi, Iqbal Aji Daryono, dll.

Awal mula nulis di Mojok tuh gimana? Mungkin ada yang ingin mengikuti jejak Haris sebagai bloger yang juga nulis di Mojok.

Awalnya, saya nulis di Facebook, bikin tulisan parodi. Terus ada yang copas tulisan saya tersebut tanpa cantumkan sumber FB saya. Lalu Mojok menayangkan tulisan copas itu di rubrik status. Jadi, sumbernya bukan FB saya.

Temen bloger, Justin Landhiani, kasih tau saya. Saya langsung konfirmasi ke Mojok. Voila. Mojok mengganti link sumbernya menuju FB saya. Setelah itu, saya diajak nulis di Mojok.

Jadi, ya terimakasih buat yang udah copas tulisan saya.

Setau gue, setiap artikel yang naik di Mojok punya bayaran yang menggiurkan. Jadi, selama nulis di Mojok, udah bisa pamer saldo ATM di Twitter belum? Wuaduuuh!

Waduh. Nggak mau pamer ah. Nanti diketawain sama Crazy Rich Riauan. Tapi lumayan lah bayarannya. Alhamdulillah. Bisa buat nonton seminggu dua kali. 

Kadang film yang ditonton jadi bahan tulisan, terus ditayangkan, jadi duit lagi. Terus dipakai beli tiket nonton lagi. Kurleb sama kayak karyawan Duniaku yang kerjaannya nonton walaupun film yang ditonton tidak bagus-bagus amat kayak The Nun kemarin.

Satu hal yang membuat tulisan-tulisan Haris sangat spesial adalah tentang bagaimana mengangkat cerita jadi bentuk parodi. Misalnya tulisan Dilan yang link tulisannya banyak beredar di Twitter, Facebook, sampai Instargram gue. Boleh tahu gak tips bikin tulisan parodi itu gimana?

Wah, itu memang hobi saya ngerusak cerita orang. Semua berawal dari kegetolan saya nonton film parodi Jason Friedberg dan Aaron Seltzer, seperti Scary Movie, Epic Movie, Not Another Teen Movie, dll.

Dari kesukaan itu jadi pengen bikin parodi sendiri. Bikin parodi itu dimulai dari pemilihan karya yang mau diplesetkan. Biasanya film yang paling membekas di hati dan punya cerita kuat yang bisa diparodikan. Yang lebih penting, filmnya terkenal. Kalau nggak ada yang tahu, buat apa diparodikan?

Tulisan parodi semacam bermain-main dengan imajinasi pembaca. Misal, pembaca udah ngebayangin sosok Cinta di AADC itu anggun. Bagaimana caranya kita twist asumsi tersebut. Di versi parodi, Cinta dikasih adegan ngaduk semen kayak kuli bangunan.

Untuk parodi Dilan itu saya memasukkan beberapa fenomena lucu selama 2017 yang menyentil ingatan pembaca. Jadi alur ceritanya kayak novel Dilan tapi dipatahin dikit, terus diselipi jokes-jokes kekinian ala meme atau konten parodi hati-hati di internet. Kuncinya, update jokes aja setiap waktu. Terus kumpulin buat dituangkan di tulisan parodi.



Setelah 3 Koplak Mengejar Cinta dan Wrecking Eleven, tertarik buat bikin buku tentang parodi-parodi gitu gak?

Sebenarnya saya udah rangkum naskah buku yang isinya kumpulan parodi, tapi belum ada yang berminat tuh, bos. Saya udah coba kirim ke beberapa penerbit, belum ada jawaban. Termasuk Rans Publishing, penerbitnya Raffi-Nagita.

Tapi tulisan parodi saya bisa dibaca semua orang di internet saja saya sudah cukup puas.

Kenapa sekarang blognya lebih banyak "ngiklan" dibanding curhat-curhat atau bikin parodi kayak dulu? Apa karena sibuk nulis di media lain?

Kalau bikin parodi itu agak susah sih sekarang. Belum nemu film yang bener-bener enak buat diparodikan.

Kalau curhat, saya sediakan naskah buku yang isinya curhatan semua. Semoga yang ini jadi terbit. Hahaha.

Kadang saya nerima iklan biar setidaknya ada satu tulisan di blog selama sebulan. Rasanya sayang sekali jika dalam sebulan blog kosong. Lagian saya kan nggak pakai adsense. Ye kan. Mumpung.

Dari gosip-gosip yang beredar, bener gak kalau lu pernah ditinggal nikah sama pacar?

Bukan gosip lagi. Itu kan saya twitkan dengan jari saya sendiri. Hahaha. Mantan-mantan rata-rata udah pada nikah semua sih. Beberapa udah punya anak satu. Polanya sama: putus sama saya, ketemu cowok baru, nikah.

Pernah punya perasaan kalo itu kutukan? Haha

Nggak deh. Itu cobaan aja untuk saya menjadi lebih sabar. Semoga bener cobaan. Bukan azab.

Sebagai bloger yang cukup terkenal, gak ada pembaca blog Hari Hari Haris yang bisa dipepet?

Kalau sesama bloger (karena pembaca blog biasanya bloger juga), biasanya nggak niat pepet-memepet. Natural aja.

Punya personal blogger favorit? Siapa?

Sejauh ini, baru Dijeh Theory aja yang favorit. Soalnya memang tulisannya tulus berkomedi.

(Gue gak bayar Haris buat ngomong gitu loh guys btw)

Kirain tulus cuma bernyanyi. Yok pertanyaan berikutnya. Nah buat rubrik selanjutnya, siapa yang pengin banget dighibahin? Alasannya apa?

Yoga Akbar Sholihin. Dia paling banyak keluhan sepertinya. Siapa tau dengan bercerita, dia sedikit entengan. Hahaha

Haha siyaap. Thanks ya Ris udah berbagi pengalaman di sini. Soalnya kalo curhat di ghibah, gak akan salah room kawan.

Betul. Sama-sama, Dijeh. Terimakasih sudah kembali ngeblog.

Nah itu tadi sekelumit kisah tentang Haris Firmansyah, bloger yang bisa dikatakan cukup berhasil. Karena dari ngeblog dia bisa membuat buku, kerja di media digital, sampai terlibat di industri film Tanah Air.

31 comments for "Ghibah Bareng Bloger: Haris Firmansyah Bahas Skenario Film dan Tulisan Parodi"

  1. Kerennnn dari seorang blogger bisa mendapatkan yang dia impikan... kalo ak tinggalan jalan jalan yang belom :( semoga tahun ini bisa

    ReplyDelete
  2. Btw, gue baru tau Haris nulis skrip Tuyul & Mbak Yul. Informasi baru lagi, nih. Hahaha. Meski rubriknya Ghibah, tapi di dalamnya banyak informasi berharga. Salah satunya ini.

    Gue setuju rubrik selanjutnya diisi sama Bang Yoga. Kali aja, ada yang mau dia ceritain. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, gue juga baru tau Haris yang bikin skripnya

      Yoks ditunggu

      Delete
  3. "Sebagai bloger yang cukup terkenal, gak ada pembaca blog Hari Hari Haris yang bisa dipepet?"

    ini adalah pertanyaan terbaik, namun sayang Haris tidak terpancing untuk cerita lebih lanjut.

    ReplyDelete
  4. Wih keren
    Tuyul dan mba Yul ditulis sama om yg satu ini
    Terus buat om yg satu ini ga ada keinginan buat jadi tuyul ?

    ReplyDelete
  5. Kok saya baru tahu ya kalo yang nulis skrip Tuyul dan Mba Yul ini om Haris ini, hehe.
    Wah telat banget saya ya, hehehe :D
    Keren deh, udah sampai segitunya dari ngeblog.
    Salut!

    ReplyDelete
  6. Masuk Mojok gara-gara dicopas. Gokil. :))

    Selalu ada hikmah di balik ghibah. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan mana yang mau gue copas, Gip?

      Delete
    2. Tulisan yang ketika orang lain baca akan berpikir: "Anjir lah, bangsat banget nih yang nulis! Serang yok serang!"

      Abis itu jangan kasih tau sumber aslinya.

      Delete
  7. Kok malah saya, Ris? Saya udah enteng (dibaca: kurus) tanpa harus cerita. :(

    ReplyDelete
  8. Autongakak kalau udah pake jokes pangeran kesayangan kelinci ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung gak sampai masker gue retak, humor gue cuma segini aja, sakit rahang gue

      Delete
  9. cuman jokes ini aja nih yang gue nyambung bacanya.
    hahaha

    crazy rich blogger
    fakkk

    sama kaya komen sebelumnya, gue juga malah baru tau kalo haris ikutan bikin skenario film. keren. dia udah cocok disebut sebagai sepuh dan panutan para blogger-blogger nih. walaupun belom bisa mengalahkan crazy rich blogger

    ReplyDelete
  10. Saya juga pertama kenal haris dari mojok, langsung suka sama gaya penulisannya, baik itu di mojok, di blog pribadi atau di status singkat facebook. Auto ngakak aja gitu kalo baca.

    Saya sih nungguin blio parodiin the nun. Ehe.

    ReplyDelete
  11. Waduh. Sekarang ada ghibah-ghibah dunia bloger nih? Jadi takut nih gue. :(

    ReplyDelete
  12. Terlepas dari kisah perjalanan karir si Haris, aku malah kagum sama penulis dijehtheory alias Doni Jaelani ini ...
    Postnya tampil beda dengan cara mengulik kisah hidup blogger.

    Kira-kira selanjutnya sosok siapa lagi yang akan diculik eh# ..., dikulik ya ?

    ReplyDelete
  13. Royale wedding uwwuwuw

    Sebagai warga Riau, saya bangga saat tau ada warga kami yang disebut sebagai crazy rich riauan
    Saya taunya bang days penulis skenario bro and bray

    ReplyDelete
  14. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete
  15. Tanpa terasa baca sampe abis, dan akhirnya ikut mengghibah -_-

    Sangat inspiratif banget kang haris ini, semoga makin banyak penerus parodi blogger, aamiin

    ReplyDelete